Akibat diabetes berbagai macam komplikasi kronis bermunculan.  Penyakit yang membunuh penderitanya secara diam-diam ini tidak hanya menggerogoti tubuh penderitanya tetapi juga menyebabkan timbulnya masalah baru yang merusak organ-organ penting di dalam tubuh.

Berbagai akibat dari diabetes akan dibahas secara tuntas disini. Artikel yang membahas akibat penyakit diabetes ini merupakan bagian kedua dari artikel yang sebelumnya. Langsung simak pembahasan detailnya hanya disini.

Akibat Diabetes Berupa Komplikasi  Kronis Pada Organ Vital Tubuh

Umumnya komplikasi kronis merupakan gangguan kesehatan tubuh yang munculnya secara perlahan dalam jangka waktu lama. Gangguan biasa terjadi pada mata, ginjal, syaraf, kulit, jantung, dan peredaran darah.

Seharusnya penderita diabetes selalu ingat untuk mencegah munculnya komplikasi akibat diabetes. Sebab komplikasi kronis tidak bisa dianggap main-main dan sangat gawat jika tidak segera ditangani.

Maka dari itu kontrol gula darah secara ketat sangat diperlukan.  Komplikasi kronis akibat penyakit diabetes melitus diantaranya, munculnya penyakit jantung,kerusakan ginjal, kerusakan mata dan kerusakan syaraf.

Penyakit Jantung yang Muncul Akibat Diabetes Melitus

Diabetes dapat menyebabkan berbagai keluhan penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovarkuler) seperti, nyeri dada (angina), serangan jantung, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner.

Rusaknya dinding pembuluh darah akibat diabetes menyebabkan penumpukan lemak pada dinding yang rusak. Akibatnya pembuluh darah menyempit dan menghambat aliran darah menuju jantung. Jika penghambatan terjadi pada pembuluh darah otak, akan timbul stroke.

Keluhan atau gejala diabetes dengan gangguan jantung

–    Sesak napas
–    Nyeri dada
–    Sakit kepala
–    Berkeringat banyak
–    Letih lesu
–    Detak jantung cepat (tidak teratur)

Penting untuk diketahui, diabetesi bisa mendapat serangan jantung tanpa diawali rasa nyeri. Sebab syaraf penghantarnya telah rusak. Inilah yang dapat mengakibatkan salah diagnosis.
Salah satu penyakit jantung yang sering diderita adalah penyakit jantung koroner (PJK).

Penyakit ini terjadi karena otot jantung tidak mendapatkan suplai darah dari pembuluh darah koroner yang mengalami penyumbatan. Penderita diabetes tipe 2 paling sering mengalami komplikasi jantung koroner. Tetapi sekarang ini PJK juga menyerang penderita diabetes tipe 1 yang masih berusia muda bahkan kanak-kanak.

Faktor Timbulnya Penyakit Jantung Koroner Pada Penderita Diabetes

  • Gula darah tidak terkontro
  • Hipertensi
  • Kolesterol LDL dan Trigliserida tinggi
  • Obesitas
  • Resistensi terhadap insulin
  • Kurang olahraga
  • Pola makan buruk Pemabuk dan perokok

Kerusakan Ginjal Sebagai Akibat Dari Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes merupakan penyebab terjadinya gagal ginjal yang paling sering dibandingkan dengan penderita gagal ginjal tanpa diabetes. Mengontrol glukosa darah juga tekanan darah secara ketat dan mengatur pola makan sehat dapat mencegah terjadinya gagal ginjal.

Perlu diketahui, kerusakan pada ginjal tidak dapat diobati. Fungsi obat disini hanya  menghambat kerusakan ginjal agar tidak bertambah parah. Gagal ginjal yang parah hanya dapat ditolong dengan cuci darah dan cangkok ginjal.

Kerusakan Pada Mata Atau Retinopati

Terjadinya kerusakan pada mata akibat diabetes sering kali bersamaan dengan gagal ginjal parah. Kerusakan pada mata umumnya dapat dipastikan jika dalam pemeriksaan urine ditemukan mikroalbuminuria.

Neuropati (Kerusakan Syaraf)

Kerusakan syaraf diduga terjadi akibat menumpuknya racun di dalam darah pada kasus gagal ginjal. Sebab sering kali neuropati ditemukan jika terjadi gagal ginjal parah. Kerusakan syaraf yang paling sering ditemukan yaitu neuropati perifer, kerusakan syaraf tepi pada anggota gerak tubuh bagian bawah (kaki dan tungkai kaki).

Gejala dari neuropati perifer sangat bervariasi, tergantung pada parahnya kerusakan syaraf yang dialami. Kerusakan syaraf tepi yang ringan berupa kesemutan, dan rasa tebal. Dan yang berat berupa, lemah otot sampai penderita tidak bisa berjalan, nyeri hebat pada malam hari disertai gangguan napas dan pencernaan.

Kerusakan syaraf pada pria bisa menyebabkan impotensi. Dan kerusakan syaraf perasa dapat menyebabkan pasien mati rasa. Tetapi yang berbahaya adalah rasa kebas dikaki. Sebab dapat membuat penderitanya tidak merasakan sakit sehingga tidak sadar bahwa dirinya mengalami infeksi. Jika tidak dirawat, infeksi bisa menjadi borok (neurophatic foot ulcer) dan bisa menjadi gangren sehingga bagian tubuh yang terkena harus diamputasi.

Nah, bagaimana para diabetesi? apa Anda sudah mengetahui akibat diabetes yang Anda derita? Untuk itu lakukan penanganan dan pilihlah obat dm yang tepat sesegera mungkin.