Komplikasi penyakit DM yang paling berbahaya memang adalah komplikasi kronis. Karena komplikasi kronis memicu berbagai macam jenis penyakit berbahaya selain penyakit diabetes melitus. Jika anda penderita penyakit diabetes melitus, maka kami menyarankan anda untuk benar-benar berhati-hati dengan komplikasi penyakit DM kronis tersebut.

Mulai sekarang, usahakan untuk mencegah dengan cara ampuh mengobati penyakit diabetes jangan sampai masalah tersebut muncul. Sebenarnya apa saja penyakit yang bisa muncul jika anda mengalami komplikasi penyakit DM kronis tersebut?

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai berbagai macam penyakit yang berpotensi muncul karena masalah komplikasi kronis tersebut, anda bisa membacanya di sini.

 

4 Macam Masalah yang Muncul Karena Komplikasi Penyakit DM Kronis

Komplikasi penyakit DM kronis setidaknya dapat memicu munculnya 4 macam masalah yang akan semakin memperparah kondisi kesehatan tubuh anda.

Berikut ini merupakan 4 macam masalah yang biasanya dialami ketika seseorang sudah mengalami komplikasi diabetes melitus kronis:

Penyakit jantung

Seorang penderita penyakit diabetes melitus sangat berpotensi untuk menderita penyakit jantung jika sudah mulai mengalami komplikasi kronis. Mengapa? Karena kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat merusak dinding pembuluh darah dan membuat lemak menumpuk di dinding pembuluh darah.

Ketika terjadi penumpukan lemak yang cukup banyak, maka aliran darah menuju organ jantung akan semakin terhambat dan hal tersebut membuat jantung bekerja sangat berat.

Apa saja gejala seseorang yang mulai mengalami masalah pada organ jantungnya? Berikut adalah beberapa gejala yang sering dirasakan ketika ada masalah pada organ jantung:

  • Sesak napas
  • Sakit kepala
  • Berkeringat
  • Nyeri di bagian dada
  • Detak jantung menjadi tidak teratur

Penderita penyakit diabetes melitus yang mulai merasakan gejala tersebut bisa sewaktu-waktu mengalami serangan jantung. Dan perlu anda ketahui bahwa serangan jantung bisa saja terjadi tanpa adanya rasa nyeri di dada sebelumnya.

Jika kerusakan pembuluh darah dan penumpukan lemak terjadi di pembuluh darah otak, maka penderita diabetes melitus beresiko menderita stroke.

Kerusakan ginjal dan gagal ginjal

Selain penyakit jantung, seorang penderita penyakit diabetes melitus yang sudah mengalami komplikasi penyakit DM kronis juga berpotensi mengalami kerusakan ginjal dan juga gagal ginjal.

Penderita gagal ginjal dan kerusakan ginjal lebih sering dari orang yang sudah menderita penyakit diabetes melitus dibandingkan yang tidak menderita penyakit diabetes melitus.

Semua dikarenakan penderita penyakit diabetes melitus memiliki kadar gula darah yang tinggi. Hal tersebut membuat ginjal bekerja melebihi kemampuannya.

Kerusakan ginjal permanen akan menyebabkan penyakit gagal ginjal. Penyakit gagal ginjal sendiri sudah tidak bisa dipulihkan karena sifatnya permanen. Satu-satunya cara untuk mengatasi gagal ginjal adalah dengan melakukan cuci darah secara berkala.

Kerusakan mata

Mata juga dapat mengalami kerusakan jika seorang penderita penyakit DM mengalami komplikasi penyakit DM kronis yang cukup parah. Biasanya kerusakan mata ini mengikuti kerusakan organ ginjal.

Kerusakan saraf

Seorang penderita penyakit diabetes melitus yang sudah mengalami kerusakan organ ginjal juga berpotensi mengalami kerusakan saraf. Hal ini berkaitan erat karena organ ginjal sudah tidak dapat lagi menyaring racun yang ada di dalam darah.

Akibatnya, racun mengendap di dalam darah dan lama kelamaan mulai menyebabkan kerusakan pada beberapa saraf penting di dalam tubuh.

Melihat dari semua masalah yang bisa dialami oleh seorang penderita penyakit diabetes melitus yang mengalami komplikasi penyakit DM kronis, tentunya anda bisa lebih memperhatikan kesehatan anda mulai dari sekarang.